PERJALANANKU

Ketika semua dalam kehidupanku baru semuanya berubah di umurku yang dini 8tahun aku diajarkan dan di tuntut ibu untuk bekerja keras,,,,saat itu ketika peristiwa malam yang menyayat hatiku bersama ibu ,kami putuskan untuk tinggl dirumah si embah,disini aku bersamaibu memulai hidup dengan mencari nafkah sendiri,,,,aku disekolahkan di SDN grajagan di kampung si embahku,,,,,semangat berjuang untuk makan setiap hari sll ada di dasar hatiku,,,,ketika aku di sekolah aku sll ingat wajah ibu dan ingin cepet cepet dengar bel jam akhir sekolah dan aku bs cepat pulang melihat ibu,,hati siapa yang gak trenyuh melihat ibu sedang hamil dan tetep bekerja keras buruh di sawah kepanasan dan mengeluarkan tenanga keras,,,,,setiap hari aku berangkat dan pulang sekolah sendiri berjalan kaki menyelusuri sawah2 dengan lumpur yang sll mengotori rok merahputihku,,,dan kalau hujan di pagi hari aku susah bgt aku harus menenteng sepatuku dan ibu sll membekaliku dengan daun pisang sebagai penganti payungku,,,,jika hujan bercampur dengan angin seragamku sll basah kuyuh sesampai di sekolah aku harus membuka tasku krn buku bukuku semua jg basah,,,,,nyaris banget rasanya hatiku selalu terpukul bgt tapi aku hanya menahan kegetiran ini semua.
Hari hariku selalau seperti itu,,untung di sekolah rumanya aku cukup cerdas sewaktu SD tapi,,,guru2 pada sayang aku karena aku selalu menjadi juara kelas,,,sering bgt aku di kasih baju baju bekas baju anak2 guruku,,saat menerimanya aku selalu bahagia bgt krn aku punya baju baru heheheheheheheh

Itu sedikit riwayat sekolah hehehehehhe,,,,Putri setiap hari pulang sekolah sll cari kangkung hehe sayur kesukaanku,,,aku cari kangkung di sungai sungai dekat sawah sawah yang setiap hari aku lewati,,,dan jadwalku sepulang sekolah nyuci baju dan setelah cuci baju maem setelah maem harus kesawah NGASAK/NYARI BEKAS BEKAS ORG MEMANEN klu musim itu dah habis aku mbantuin ibu buruh nanam kedelai,padi,klu musim itu ganti aku bantu ibu buruh nyabuti rumput disawah dan klu musim itu habis aku sll di ajarin ibu bekerja apapun asal halal,ya klu lg paceklik aku dan ibu selalu mencari kayu bakar,,aku dan ibu sll ngumpulin kayu sampai berkubik kubik untuk di jual,,,,hal itu setiap saat aku lakukin dengan senang hati krn klu aku kerja keras bagus ibu sll memasakan makanan kesukaanku DADAR JAGUNG,,,seneng banget kerja bareng ama ibuku kadang klu aku nebangi kayu agak jauh dari ibu aku sll memandang ibu dengan perut besar keringat becucuran di dalam benakku aku berkata,,ibu suatu saat putri akan merubah nasib ibu dan putri yakin ibu bs bahagia,,,itu yang selalu aku katakan dalam hatiku,,,,,pukul 13.00 aku berangkat cari kayu pukul 17.00 aku dan ibu pulang,,,pastinya lapar dan haus ya begitulah keadaan saat itu....sampai rumah ibu menanak nasi aku ngisi air gentong nyapu dan ngurus ayam ayam ternakan ibu,,,nah ketika semua selesai baru maem dan sehabis itu baru mengerjakan PR

Malam telah tiba saatnya tidur jika hujan tak turun aku merasa senang banget tapi jika hujan turun sedih bgt aku,,,karena atap rumah bocor dan tepat disebelahku tidur aku harus menaruh ember untuk menampung air dari tetesan atap rumahku dan jengkel banget kerika hujan pastinya nyamuk nyamuk banyak dan tidurpun g nyenyak dan belakang rumahku adalah sawah jd musik kodok ngorek pun menghiyasi malam malam itu.

Saat itu setiap malam sebelum tidur aku selalu berhayal sama ibu,,aku selalu bilang ama ibu,,,,bu gimana ya bu rasanya klu suatu hari putri bs pki sepatu pakain bagus punya uang dan bs punya rumah yang bertekel keramik alangkah senang nya kita ya bu,,dan putri bisa ngajak teman teman putri main di rumah dan putri g malu lg dengan keadaan rumah kita yang amburadul kotor bgt,,,dan yang lebih lucu aku selalu bermimpi dapat makan buah setiap hari,,bisa makan anggur,,apel dll,,,,setiap saat aku menghayal dengan ibu ,ibu selalu nuturi aku,,NDUK WONG SABAR KI BAKAL SUBUR,,yen tumindak e awak dewe becik seng kuoso bakal ngerti,,,seng penting putri kudu sopan karo sopo wae penjaluk e ibu,,,Itu yang selalu terlontar kata kata ibu...jadi setiap hari aku sll hati2 ngomong ama org krn aku takut ibuku dpt makian dari org laen,,,itulah prinsip yang sampai saat ini sll akupegang

0 Response to "PERJALANANKU"

Post a Comment